Lu Katolik? Mau Nikah? Dah Siap?

2011 adalah tahun dimana aku memutuskan untuk mengakhiri masa lajang. Sebagai umat Katolik Roma yang konon paling ngetop terkenal hirarkinya.. dan dengan ideologinya, menikah satu kali seumur hidup, “Apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia”. Aku baru tahu beberapa hal ini.. Semoga bisa bermanfaat bagi yang baru mau dan akan plan menikah..

Sebelumnya, ada baiknya aku bercerita mengenai komunitas dan Gereja. Jadi demikian…

  • Beberapa keluarga dalam suatu area tertentu dikumpulkan menjadi satu lingkungan, 
  • beberapa lingkungan menjadi satu wilayah, 
  • beberapa wilayah menjadi satu paroki, 
  • beberapa paroki menjadi satu dekanat, 
  • beberapa dekanat menjadi satu keuskupan, 
  • beberapa keusukupan bernaung dalam satu negara 
  • dan seluruhnya terpusat langsung ke Vatikan. 

Demikian adalah cerita tentang aku, anak perantauan, lahir dan besar dibeberapa tempat :

  • Sakramen Pembabtisan di Gereja Penyelenggaran Ilahi, Lubuklinggau, Sumsel, 
  • Sakramen Krisma di Gereja Santo Antonius, Kotabaru, DI Yogyakarta
  • Sakramen Pernikahan di Gereja Maria Bunda Karmel (MBK), Jakarta Barat

Jadi yah.. aku bisa simpulkan bahwa Gereja Katolik maaaah, niat banget melakukan kontrol dan penyelidikan kanonik sebelum pernikahan dilakukan. Suer! Banget!! Sampe bener-bener bikin elu pade merasa kayaknya suer.. sekali ini saja daaaah, gue ngurusin beginian..

Berikut beberapa dokumen dan tahapan yang harus dipersiapkan :

  • Surat Babtis yang Baru dari Paroki Tempat Pembabtisan dilakukan – Suer banget loh.. ini ada durasinya yaitu 6 bulan sebelum pernikahan dan Kursus Persiapan Perkawinan (KPP). Tujuannya adalah memastikan ini adalah pertama kalinya kita minta surat Babtis Baru untuk menikah, sehingga ketika kita minta surat ini, Gereja akan mencatat bahwa sdri Maria Clara Francisca Herryanti Herman sudah melakukan request untuk menikah.
  • Surat Keterangan Lajang dari Lingkungan – tempat dimana mempelai wanita tinggal selama 6 bulan terakhir. Dalam hal ini, cukup ribet juga karena waktu itu aku tinggal di Tanjung Duren Utara IV yang berada pada paroki Kristoforus, namun aku aktifnya selama ini di MBK, sejak masih aktif di Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Bina Nusantara. Nda gampang untuk bisa mendapatkan surat itu, bukan karena Ketua Lingkungan ingin mempersulit, namun mereka memiliki tanggung jawab moral memastikan bahwa ketika surat ini diberikan tidak disalahgunakan. Apalagi yang tinggal di Tanjung Duren kan pada anak kost.. Makanya mereka selalu ingin kenal secara pribadi terlebih dahulu.. Yaaa cengli seh.. Makanya buat yang mau menikah yah.. cobalah mulai sekarang klo ada doa Rosario ikut, ada doa Novena ikut.. Lingkungan lagi tugas di Gereja – bantuin.. Singkat kata, Puji Tuhan, aku berhasil mendapatkannya 🙏🏻🙏🏻
  • Pemeriksaan Kanonik – menghadap pastor dan memastikan kemnbali… Yakin ajah apa yakin banget mau nikah.. 😅😂

Jujur yah.. buat anak kost, proses ini nda mudah.. Ternyata yah, setelah aku akrab (Baca : Sok akrab) ama ketua Lingkungannya baru paham ceritanya.. ternyata.. dulu.. pernah ada yang hampir kecolongan..  untung ketauan.. karena Gereja Katolik buat 3x pengumuman di Gereja untuk berita Pernikahan dan diumumkan diparoki calon mempelai wanita dan mempelai pria.. ada yang niat pake banget.. ternyata dia sudah menikah.. terus dia katekumen lagi (persiapan pembabtisan) terus dibabtis.. tujuannya yah, agar bisa dapat surat pembaharuan babtis lagi – karena nda mungkin minta ke Gereja awal karena sudah ada catatannya. 🤦🏻‍♀️🤦🏻‍♀️ Puseeeeng akuh! eniwei.. yang penting semua sudah berlalu, dan jadi sangat paham kenapa pengantin selalu tersenyum sumringah, ceria – meriah, karena ekspresi hati yang tak bisa dibendung.. KELAR udah.. walaupun sebenernya masih ada lagi urusannya 😅😂 yaitu urus Kartu Keluarga (KK)

Terlepas dari semua cerita aku tadi.. yang paling utama dan terutama adalah, tanyakan pada hatimu.. Beneran udah siap menikah? Siap untuk berproses menjadi pribadi yang lebih baik lagi.. Siap gitu mulai sekarang hidup yang diurus ada dua tapi satu, satu tapi dua.. Siapkan hati.. mari dijalani.. berproses bersama.. Hmmm.. ya begitulah cerita 6 tahun lalu.. cepet amat berlalu yah, kayaknya ribetnya waktu itu masih kebayang.. tapi kini aku mengenang semuanya dengan senyuman.. 😁

Advertisements

Logo Perusahaan

Jiah.. ini mah namanya lama ajah ngga nulis.. sebenernya ini tuuuuh kejadian di tahun 2004.. Tuh liat ajah udah 12 tahun udah 1 putaran shio.. mumpung lah sebelum aku lupa sama sekali aku tetap menulis.. jadi neh yah.. aku neh kan lulusan S2 yah.. ciyeee sombong deh.. boleh yah.. nah sebelum lulus kan kudu kuliah dulu.. gini ini penting yah dibahas? nda she.. tapi biarinlah yah.. jadi ada pelajaran tentang corporate branding, nah jadi agak kampungan ajah aku.. pas membahas tentang logo ini, FEDEX.

Kalian tau nda apa yang menarik pada logo FedEx? jujur ajah.. klo nda tau juga nda papa kok.. beneran suer pake angka dua 🙂 karena demikian aku waktu itu.. setelah dikasih clue sana sini baru nyadar juga.. apakah kalian bias menemukan lambang tanda panah? yuuup.. disana.. dimana yoo.. hahaha.. jadi maknanya adalah sebagai perusahaan logistic mereka memiliki makna forward to others.

Carrefour logoNah..  hal yang sama dengan logonya ini.. Paham nda seh logo supermarket ini.. ada tanda panah? PR yah.. aku sempat nda paham juga sampe akhirnya sadar… ooow ini tuh logonya huruf C berwarna putih. Sejak itu aku paham bentuknya. Berhubung masih banyak ajah yang nggak paham, aku selalu merasa senang, riang dan gembira, setiap kali aku nanya logo ini terus orang gak paham. senang berasa2 agak pinteran dikit.. yaaaaa jadilah walaupun cuman dikit doing. tapi AGAIN yah.. ini kan tulisan harusnya 12 tahun lalu jadi klo sebulan sekali saja aku kasih tau orang, artinya sudah ada 12×12 = 144 orang yang aku update. Demikian saja cerita tidak penting dariku.. mohon pamit

Namanya MDS

2 Bulan kurang 1 Minggu lamanya mama rawat inap di RS Kanker Dharmais, RSKD.. beberapa dari rekan2 mau bertanya tapi sungkan, aku coba bercerita yah..

Mama sakit MDS, Myelodysplastic Syndrome, singkatnya kelainan darah, anemia dimana indikator darah seperti Eritrosit, Haemoglobin, Leukosit, Trombosit menurun dari batas normal. Diagnosa ini didapat hasil BMP (Bone Marrow Puncture), pengambilan sumsum tulang belakang 1.5 tahun lalu di Singapore.

Keluarga bertanya.. Apa penyebab MDS.. Jawabannya sampai sekarang belum diketahui, umumnya memang pada usia lebih dari 50 tahun, perokok pasif (dirumah kami tidak ada seorangpun yang merokok), sering mencium bau bensin (pun.. Nda juga deket2 ama bensin). Dikatakan agar seluruh pihak keluarga bersabar. Pengobatan yang dilakukan bersifat supportif, artinya memastikan agar kondisi tidak menjadi lebih buruk. Namun dokter tidak bisa menjamin bisa sembuh.

Ini yg kemarin aku sempet nanya.. Sebenernya dimana seh dokter hematology yang bagus dan berpengalaman dengan pasien MDS. Kala itu situasi panik. Mama posisi sangat lemah masih rawat inap di RS AR Bunda Lubuk Linggau. Pengobatan jalan ditempat. Tidak ada perkembangan. Saat itu hanya tau informasi di RSKD, ada dokter darah, butuh segera evakuasi dari Lubuk Linggau via udara. SEGERA! Sehingga kita carter ambulance langsung dari Bandara Soekarno Hatta ke Dharmais.

Kemarin kondisi mama tidak stabil sehingga dokter memutuskan ingin mengulang proses BMP. Mengapa BMP? Mengapa harus dari sumsum tulang belakang? Karena kita perlu menguji ulang darah dari pusat produksinya, bukan dari darah tepi (seperti ambil darah dari tangan yg biasa kita lakukan). Analoginya adalah jika ingin melihat kualitas air, kita bisa melihat dari dua sampel. Dipusat mata airnya (sumsum) atau dikeran air (darah tepi)

Tooth Fairy 

Aku lagi liburan dirumah… Tadi malem pas selesai makan malem tiba2 Valerie nangis ke mamanya… Mama.. Gigi eyi lepas.. Namun reaksi semua orang serumah salah kayaknya.. Aku panik.. Namun yang lain tertawa 😆😁😂😅 

Aku pernah kok jadi anak kecil.. Ya iyaaaalah masak tiba2 menjadi besar.. memang nyebelin banget liat orang dewasa yang tak memahami perasaan anak2. Tapi reaksinya eyi lucu seh.. Belum selesai sampai sana.. Dia bilang gigi sebelahnya juga goyang.. Sambil menangis sedih.. Terus kata mamanya.. Ya udah sekalian ajah Val.. Biar sekalian dapat hadiah dari Tooth Fairynya.. Terus eyi tersenyum.. Iyo yo ma.. Bisa dapat uang. OMG, OHHH MY GOOD.. apa nggak sakit ya. Yang lebih canggih lagi apa nggak horror yah cabut gigi nda pake Dokter Gigi..

Koko, papanya Eyi.. Langsung melakukan koordinasi dengan cicinya.. Audrey and Olive hayoo ambil amplop tulis surat buat dede.. ‘Audrey nda punya uang pa.. Kita kasih Rp 4.000 yah..’ Aku bingung sambil menatap koko.. Terus koko cerita sebelumnya pernah juga gigi Eyi yang lepas ditaruh didekat bantal terus digantiin ama uang Rp 2.000. Namun pake uang mereka sendiri. ‘Ya udah, tulis ajah dulu nanti uangnya dari papa.. Dikasih Rp 10.000 karena giginya ada dua yang lepas’

  
Pas bangun tidur… Eyi seneng banget karena dapat uang dari tooth fairy.. Pecahan Rp 5.000 ada dua lembar. Namun yang lucu adalah ketika dia ngomong ke koko.. Papa, ini dapat uang 2 lembar.. Ini gambarnya Tuhanku Imam Bonjol.. Huahahaha 😅😂 ternyata salah baca.. Ini Tuanku.. Tuan itu beca yah ama Tuhan.. Huaa… Anak2.. Kalian pada gubrak banget seh.. Demikian lah pengalaman pertama melihat anak2 yang tanggal giginya.

  

Team Work – learn from Football

Masih seputar TAM+ 2015. Jujur.. Aku ini bukan penggemar sepak bola.. Mana pernah juga aku paham dengan nama club sepak bola dan pemain2nya.. Berhubung kmrn ke Spain, periode berangkat dipertengahan Maret 2015, Herdiyanto Herman, adikku yang seayah dan seibu mengatakan.. Wow.. Itu pertandingan Real Madrid dan Barca.. Laga paling HOT sedunia..  

  
Huaaah senang kesampean mampir distadion Madrid dan Barcelona. Bicara sepak bola.. Aku jadi ingat dengan teman baik, teman talking2, teman makan dan rekan kerja yang cantik, manis dan hebat, Evy Yulianti.

Pernah ada waktu kita makan bareng.. Dimana yah cc.. Aku nda ingetpun.. Yang diinget ceritanya… Makannya enaak.. Ketawa2.. Yaaaah, kalian mengerti kan rasanya menghabiskan quality time, girls time.. (Waaatttt… Girls, umur berape Bu? Hahaha😄). Okeh2 yang mau dibahas tentang team work dan sepak bola.

Demikian beberapa pelajaran yang didapat dari permainan sepak bola :

  1. Hidup ini adalah kompetisi. Biasa kalau dalam bekerja atau apapun terjadi persaingan. Kita semua harus terus berlatih dan memperbaiki diri agar selalu menjadi lebih baik. Harus berjuang, jangan cengeng.. Ini bisa dianalogikan seperti rusa dan harimau.. Pernah denger ceritanya? Alkisah didalam hutan hiduplah Rusa dan Harimau.. Mereka selalu berlatih berlari secepat2nya. Usut punya usut, Rusa berpikir dia harus terus bisa lincah berlari jangan sampai tertangkap Harimau dan menjadi santapannya. Puuun Harimau punya tekad yang bulat karena sudah beberapa hari nggak makan, dia harus memastikan bisa menangkap Rusa. Yaaaaa kira2 gt lah yah ceritanya.. Silahkan atur sendiri mau endingnya bagaimana 😉
  2. Kita tidak hidup atau bekerja sendirian. Kalau kita lihat orang main sepak bola, itu lapangan yang pake gede diisi oleh banyak pemain. Ada yang jaga kiper, ada penyerang, ada yang jaga belakang.. Nah demikian lah dalam hidup, kita semua punya peranan.. Semua peranan penting, tidak ada satu yang lebih unggul dari yang lain. Sebagai team kita punya tujuan yang sama.. Menang!! Kebayang nggak kalau kiper pengen ikut2an menyerang dan ingin cetak gol? Lantas siapa yang jaga gawang? Bahkan kita harus berbesar hati ketika kita memegang bola namun harus oper ke teman karena posisi ybs memiliki kesempatan lebih besar untuk mencetak gol.. melihat situasi ini.. Kita harus ingat bahwa gol itu milik bersama.
  3. Kita harus berkontribusi terbaik. Lanjut pada poin no2 tadi, pastikan kita tidak menjadi point lemah dalam team. Jangan sampai ketika semua berjuang sekuat tenaga, kelemahan kita menjadi sasaran empuk lawan.
  4. Pergantian pemain dilakukan, jadi dalam permainan tertentu dimungkinkan terjadinya pergantian pemain. Bukan karena tidak baik, bisa saja karena cidera. Hal ini dilakukan bukan untuk merendahkan kemampuan orang, namun strategi untuk memastikan kita bisa meraih kemenangan team.
  5. Selain mempelajari kemampuan team, juga mengenal kemampuan lawan. Ini persis banget ama teori Sun Zhu. Dalam hal pekerjaan, apalagi selling product, pentiiing banget kita mengetahui feature product kita dan kompetitor. Sehingga kita bisa memberikan solusi tepat guna bagi pelanggan..

Abis itu apa lagi yaaah.. Huaa udah kelamaan cc.. Kayaknya perlu ketemuan lagi buat lanjutin nulisnya.. 😉

Maria

Tahun ini mendapatkan rezeki dari Metrodata ikutan Top Achiever Metrodata+ dengan destinasi ke Lisbon, Madrid dan Barcelona.

Salah satu yang menarik dalam perjalanan kali ini adalah aku mendapatkan kesempatan mengunjungi 2 negara dengan populasi pemeluk agama Katolik Roma terbesar didunia. Bahkan dulu, mereka adalah negara yang sangat besar dan berpengaruh terhadap kekuasaan yang dipegang oleh Paus.

Ketika tiba di Lisbon tour guide menceritakan beberapa keunikan kehidupan malam disini. Salah satunya adalah mengenai PSK. Salah satu syarat utama adalah tidak boleh bernama Maria karena menghormati ibu Yesus.. Yah penting gak penting lah yah… Berbagi cerita agar kalian paham 🙂

Dah gitu dulu.. Detail ini itunya ntar yaaaah..

Between B and D is C

Ada yang pernah memberi tahu kepadaku mengenai kata mutiara seperti ini..

Between Born (B) and Death (D) is Choice (C). Life is a matter of choice, please be wise.

Naaaaah.. Aku pun ingat kepada papaku, dia pernah bercerita tentang hal ini.. Kata papa.. Dalam kehidupan ini kita harus selalu memilih.. Kadang pilihan kita benar, kadang pilihan kita salah.. Its OK salah, yang penting belajar.

Kata papa… Dalam kehidupan ini hanya ada 3 hal yang tidak pernah bisa kita pilih.. Ini adalah pilihan Tuhan.. Abadi dan tidak mengenal kata bekas.. Mantan.. Jadi pasti ini adalah versi terbaik yang Tuhan berikan kepada kita, yaitu keluarga…

  1. Ayah dan Ibu
  2. Kakak dan Adik
  3. Anak 

Termasuk juga kakek, nenek, cucu, cicit… selamanya ikatan batin dan darah itu selalu ada pada kita.. 

Ketika hidup menawarkan pilihan.. Pastikan kita memilih terbaik untuk ketiga orang tsb.
Selamat pagi yah temen2.. Mari luangkan waktu untuk say Hi or I love you to them..

*dalam 1 minggu ini ada 3 temen mendapatkan berita dukacita.. 2 kehilangan papa, 1 mama* 

Membuat aku merenung.. Hidup ini cepat sekali.. Tidak ada yang kekal abadi.. Semuanya milik Tuhan.. Tuhan yang memberi, Tuhan yang mengambil.. Terpujilah nama Tuhan.