Team Work – learn from Football

Masih seputar TAM+ 2015. Jujur.. Aku ini bukan penggemar sepak bola.. Mana pernah juga aku paham dengan nama club sepak bola dan pemain2nya.. Berhubung kmrn ke Spain, periode berangkat dipertengahan Maret 2015, Herdiyanto Herman, adikku yang seayah dan seibu mengatakan.. Wow.. Itu pertandingan Real Madrid dan Barca.. Laga paling HOT sedunia..  

  
Huaaah senang kesampean mampir distadion Madrid dan Barcelona. Bicara sepak bola.. Aku jadi ingat dengan teman baik, teman talking2, teman makan dan rekan kerja yang cantik, manis dan hebat, Evy Yulianti.

Pernah ada waktu kita makan bareng.. Dimana yah cc.. Aku nda ingetpun.. Yang diinget ceritanya… Makannya enaak.. Ketawa2.. Yaaaah, kalian mengerti kan rasanya menghabiskan quality time, girls time.. (Waaatttt… Girls, umur berape Bu? Hahaha😄). Okeh2 yang mau dibahas tentang team work dan sepak bola.

Demikian beberapa pelajaran yang didapat dari permainan sepak bola :

  1. Hidup ini adalah kompetisi. Biasa kalau dalam bekerja atau apapun terjadi persaingan. Kita semua harus terus berlatih dan memperbaiki diri agar selalu menjadi lebih baik. Harus berjuang, jangan cengeng.. Ini bisa dianalogikan seperti rusa dan harimau.. Pernah denger ceritanya? Alkisah didalam hutan hiduplah Rusa dan Harimau.. Mereka selalu berlatih berlari secepat2nya. Usut punya usut, Rusa berpikir dia harus terus bisa lincah berlari jangan sampai tertangkap Harimau dan menjadi santapannya. Puuun Harimau punya tekad yang bulat karena sudah beberapa hari nggak makan, dia harus memastikan bisa menangkap Rusa. Yaaaaa kira2 gt lah yah ceritanya.. Silahkan atur sendiri mau endingnya bagaimana 😉
  2. Kita tidak hidup atau bekerja sendirian. Kalau kita lihat orang main sepak bola, itu lapangan yang pake gede diisi oleh banyak pemain. Ada yang jaga kiper, ada penyerang, ada yang jaga belakang.. Nah demikian lah dalam hidup, kita semua punya peranan.. Semua peranan penting, tidak ada satu yang lebih unggul dari yang lain. Sebagai team kita punya tujuan yang sama.. Menang!! Kebayang nggak kalau kiper pengen ikut2an menyerang dan ingin cetak gol? Lantas siapa yang jaga gawang? Bahkan kita harus berbesar hati ketika kita memegang bola namun harus oper ke teman karena posisi ybs memiliki kesempatan lebih besar untuk mencetak gol.. melihat situasi ini.. Kita harus ingat bahwa gol itu milik bersama.
  3. Kita harus berkontribusi terbaik. Lanjut pada poin no2 tadi, pastikan kita tidak menjadi point lemah dalam team. Jangan sampai ketika semua berjuang sekuat tenaga, kelemahan kita menjadi sasaran empuk lawan.
  4. Pergantian pemain dilakukan, jadi dalam permainan tertentu dimungkinkan terjadinya pergantian pemain. Bukan karena tidak baik, bisa saja karena cidera. Hal ini dilakukan bukan untuk merendahkan kemampuan orang, namun strategi untuk memastikan kita bisa meraih kemenangan team.
  5. Selain mempelajari kemampuan team, juga mengenal kemampuan lawan. Ini persis banget ama teori Sun Zhu. Dalam hal pekerjaan, apalagi selling product, pentiiing banget kita mengetahui feature product kita dan kompetitor. Sehingga kita bisa memberikan solusi tepat guna bagi pelanggan..

Abis itu apa lagi yaaah.. Huaa udah kelamaan cc.. Kayaknya perlu ketemuan lagi buat lanjutin nulisnya.. 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s