Lu Katolik? Mau Nikah? Dah Siap?

2011 adalah tahun dimana aku memutuskan untuk mengakhiri masa lajang. Sebagai umat Katolik Roma yang konon paling ngetop terkenal hirarkinya.. dan dengan ideologinya, menikah satu kali seumur hidup, “Apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia”. Aku baru tahu beberapa hal ini.. Semoga bisa bermanfaat bagi yang baru mau dan akan plan menikah..

Sebelumnya, ada baiknya aku bercerita mengenai komunitas dan Gereja. Jadi demikian…

  • Beberapa keluarga dalam suatu area tertentu dikumpulkan menjadi satu lingkungan, 
  • beberapa lingkungan menjadi satu wilayah, 
  • beberapa wilayah menjadi satu paroki, 
  • beberapa paroki menjadi satu dekanat, 
  • beberapa dekanat menjadi satu keuskupan, 
  • beberapa keusukupan bernaung dalam satu negara 
  • dan seluruhnya terpusat langsung ke Vatikan. 

Demikian adalah cerita tentang aku, anak perantauan, lahir dan besar dibeberapa tempat :

  • Sakramen Pembabtisan di Gereja Penyelenggaran Ilahi, Lubuklinggau, Sumsel, 
  • Sakramen Krisma di Gereja Santo Antonius, Kotabaru, DI Yogyakarta
  • Sakramen Pernikahan di Gereja Maria Bunda Karmel (MBK), Jakarta Barat

Jadi yah.. aku bisa simpulkan bahwa Gereja Katolik maaaah, niat banget melakukan kontrol dan penyelidikan kanonik sebelum pernikahan dilakukan. Suer! Banget!! Sampe bener-bener bikin elu pade merasa kayaknya suer.. sekali ini saja daaaah, gue ngurusin beginian..

Berikut beberapa dokumen dan tahapan yang harus dipersiapkan :

  • Surat Babtis yang Baru dari Paroki Tempat Pembabtisan dilakukan – Suer banget loh.. ini ada durasinya yaitu 6 bulan sebelum pernikahan dan Kursus Persiapan Perkawinan (KPP). Tujuannya adalah memastikan ini adalah pertama kalinya kita minta surat Babtis Baru untuk menikah, sehingga ketika kita minta surat ini, Gereja akan mencatat bahwa sdri Maria Clara Francisca Herryanti Herman sudah melakukan request untuk menikah.
  • Surat Keterangan Lajang dari Lingkungan – tempat dimana mempelai wanita tinggal selama 6 bulan terakhir. Dalam hal ini, cukup ribet juga karena waktu itu aku tinggal di Tanjung Duren Utara IV yang berada pada paroki Kristoforus, namun aku aktifnya selama ini di MBK, sejak masih aktif di Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Bina Nusantara. Nda gampang untuk bisa mendapatkan surat itu, bukan karena Ketua Lingkungan ingin mempersulit, namun mereka memiliki tanggung jawab moral memastikan bahwa ketika surat ini diberikan tidak disalahgunakan. Apalagi yang tinggal di Tanjung Duren kan pada anak kost.. Makanya mereka selalu ingin kenal secara pribadi terlebih dahulu.. Yaaa cengli seh.. Makanya buat yang mau menikah yah.. cobalah mulai sekarang klo ada doa Rosario ikut, ada doa Novena ikut.. Lingkungan lagi tugas di Gereja – bantuin.. Singkat kata, Puji Tuhan, aku berhasil mendapatkannya 🙏🏻🙏🏻
  • Pemeriksaan Kanonik – menghadap pastor dan memastikan kemnbali… Yakin ajah apa yakin banget mau nikah.. 😅😂

Jujur yah.. buat anak kost, proses ini nda mudah.. Ternyata yah, setelah aku akrab (Baca : Sok akrab) ama ketua Lingkungannya baru paham ceritanya.. ternyata.. dulu.. pernah ada yang hampir kecolongan..  untung ketauan.. karena Gereja Katolik buat 3x pengumuman di Gereja untuk berita Pernikahan dan diumumkan diparoki calon mempelai wanita dan mempelai pria.. ada yang niat pake banget.. ternyata dia sudah menikah.. terus dia katekumen lagi (persiapan pembabtisan) terus dibabtis.. tujuannya yah, agar bisa dapat surat pembaharuan babtis lagi – karena nda mungkin minta ke Gereja awal karena sudah ada catatannya. 🤦🏻‍♀️🤦🏻‍♀️ Puseeeeng akuh! eniwei.. yang penting semua sudah berlalu, dan jadi sangat paham kenapa pengantin selalu tersenyum sumringah, ceria – meriah, karena ekspresi hati yang tak bisa dibendung.. KELAR udah.. walaupun sebenernya masih ada lagi urusannya 😅😂 yaitu urus Kartu Keluarga (KK)

Terlepas dari semua cerita aku tadi.. yang paling utama dan terutama adalah, tanyakan pada hatimu.. Beneran udah siap menikah? Siap untuk berproses menjadi pribadi yang lebih baik lagi.. Siap gitu mulai sekarang hidup yang diurus ada dua tapi satu, satu tapi dua.. Siapkan hati.. mari dijalani.. berproses bersama.. Hmmm.. ya begitulah cerita 6 tahun lalu.. cepet amat berlalu yah, kayaknya ribetnya waktu itu masih kebayang.. tapi kini aku mengenang semuanya dengan senyuman.. 😁

Advertisements

Logo Perusahaan

Jiah.. ini mah namanya lama ajah ngga nulis.. sebenernya ini tuuuuh kejadian di tahun 2004.. Tuh liat ajah udah 12 tahun udah 1 putaran shio.. mumpung lah sebelum aku lupa sama sekali aku tetap menulis.. jadi neh yah.. aku neh kan lulusan S2 yah.. ciyeee sombong deh.. boleh yah.. nah sebelum lulus kan kudu kuliah dulu.. gini ini penting yah dibahas? nda she.. tapi biarinlah yah.. jadi ada pelajaran tentang corporate branding, nah jadi agak kampungan ajah aku.. pas membahas tentang logo ini, FEDEX.

Kalian tau nda apa yang menarik pada logo FedEx? jujur ajah.. klo nda tau juga nda papa kok.. beneran suer pake angka dua 🙂 karena demikian aku waktu itu.. setelah dikasih clue sana sini baru nyadar juga.. apakah kalian bias menemukan lambang tanda panah? yuuup.. disana.. dimana yoo.. hahaha.. jadi maknanya adalah sebagai perusahaan logistic mereka memiliki makna forward to others.

Carrefour logoNah..  hal yang sama dengan logonya ini.. Paham nda seh logo supermarket ini.. ada tanda panah? PR yah.. aku sempat nda paham juga sampe akhirnya sadar… ooow ini tuh logonya huruf C berwarna putih. Sejak itu aku paham bentuknya. Berhubung masih banyak ajah yang nggak paham, aku selalu merasa senang, riang dan gembira, setiap kali aku nanya logo ini terus orang gak paham. senang berasa2 agak pinteran dikit.. yaaaaa jadilah walaupun cuman dikit doing. tapi AGAIN yah.. ini kan tulisan harusnya 12 tahun lalu jadi klo sebulan sekali saja aku kasih tau orang, artinya sudah ada 12×12 = 144 orang yang aku update. Demikian saja cerita tidak penting dariku.. mohon pamit

Maria

Tahun ini mendapatkan rezeki dari Metrodata ikutan Top Achiever Metrodata+ dengan destinasi ke Lisbon, Madrid dan Barcelona.

Salah satu yang menarik dalam perjalanan kali ini adalah aku mendapatkan kesempatan mengunjungi 2 negara dengan populasi pemeluk agama Katolik Roma terbesar didunia. Bahkan dulu, mereka adalah negara yang sangat besar dan berpengaruh terhadap kekuasaan yang dipegang oleh Paus.

Ketika tiba di Lisbon tour guide menceritakan beberapa keunikan kehidupan malam disini. Salah satunya adalah mengenai PSK. Salah satu syarat utama adalah tidak boleh bernama Maria karena menghormati ibu Yesus.. Yah penting gak penting lah yah… Berbagi cerita agar kalian paham 🙂

Dah gitu dulu.. Detail ini itunya ntar yaaaah..

Aku sangat dicintai…

Ini adalah hari ulang tahun yang ke 26, dirayakan bersama dengan sahabat2 terbaik. Aku menerima kado karangan bunga mawar indah 26 tangkai, dua set.. Yup, totalnya ada 52.. Banyak yah.. Sambil dinyanyikan lagu selamat ulan tahun.. Hm… Jadi terharu.. Terima kasih yah Mia, Olden dan Ronny Hanafi…

Tertulis pada kartu Hallmark (i luv ittt…. Selalu cinta dengan koleksinya):
Some special people make the world brighter just being in it…
Happy birthday to one of them… – me, tiek
18.02.2007

Kita doain semga:
1. Sukses selalu
2. Sehat
3. Cantik & manizz
4. Enteng jodoh – amin.. Dikabulin pada 4 Nov 2007 pacaran ama yayang aku yg kini jadi suami aku

Logo Perusahaan Carrefour

hypermart from france pertama kali dikasih tau ama mbak Tini tahun 2008, waktu TAM, pas lagi di Beijing…

dia bilang gini (Tini) : tiek menurut kamu logo carrefour itu seperti apa..

Tiek : apa yah, liat ajah bentuknya yang gak jelas gitu, tanda panah biru dengan lengkungan2..

Tini : coba deh kamu perhatiin dengan bener, logo ini bagus sekali…

Tiek : aku masih berpikir dan terus membayangkan… buat kalian tau saja yah.. bahwa aku sangat tidak pandai dalam membayangkan sesuatu, biasanya yang kejadian aku akan membayangkan yang tidak2 🙂 dikarenakan daya khayalku rendah.. setelah lama, aku tetap tak dapat membayangkannya… *dug2*

Tini : coba kamu perhatikan yang putih diantara warna merah dan biru.. yang putih.. kamu akan bisa menemukan huruf C

Tiek…. ooooooooo iyaaaaa, ada.. kok bisa keren begitu yah…. hehehe… saya langsung norak dan sejak saat itu setiap kali liat carrefour saya pasti akan dengan semangat nanya orang lain karena saya dengan sangat sombong dan bangga memberitahu bila mereka tidak tahu.. *saya norak sekali*

Berbagi ilmu…

Sebenarnya aku mau menuliskan hal ini jauh-jauh, jauuuuuh hari… Namun akhir2 ini load pekerjaan ku luar biasa banyaknya sampai aku sendiri gak sempet2 menulis.. mengingat otakku ini semakin sering aku pakai dan usianya pun makin tua, aku khawatir dia mengkerut dan aku lupa dan hilang.. makanya aku mau berbagi mengenai beberapa hal.. yah mungkin sepele… mungkin kalian sudah tau.. mungkin belum… yah dibaca kan gak ada salahnya yah…

1. Nyamuk yang menggigit kita itu pasti cewek – ini aku tau dari pacar, alasannya, nyamuk betina membutuhkan darah untuk memberikan nutrisi kepada jentik2nya dan mempertahankan suhu tubuhnya.

2. Lebah kalo sampe menggengat kita kemudian dia akan mati, karena antenanya yang masuk ketubuh manusia.. mereka akan melakukan itu apabila mereka merasa terancam.. ya ampun.. udah lah, kita hidup rukun sajalah yah.. kamu produksi madu ajah yang banyak, jangan mati konyol dengan sengat kami 🙂

3. Kalau pesawat mau take off dan landing, pasti pramugari ingetin hayooo… jendelanya dibuka… jiaaa mbak, silau… mau tidur neh… ternyata itu adalah prosedur keselamatan, hal ini untuk memudahkan evakuasi, artinya apabila terjadi kecelakaan maka orang yang ada diluar akan lebih mudah untuk melihat kondisi yang ada didalam

yang lainnya nyusul yah…

 

Prebiotik dan Probiotik

Pagi ini aku nonton BBC Knowledge, baru nyadar ternyata yah.. makanan yang kita makan itu banyak ajah bakterinya.. Demikian juga dengan usus.. ih, jorok banget deh.. Memang aku udah tau klo ada bakteri yang baik dan yang jahat.. Yang aku tau klo kita rajin minum Yakult, Yoghurt, selain rasanya yang enak, juga akan memperbanyak bakteri baik.

“Sistem pencernaan merupakan bagian dari sistem imun manusia, dengan 80% sistem imun manusia berada dalam saluran cerna. Sebagian besar penyakit juga masuk dari sistem pencernaan. Itu sebabnya keseimbangan flora dalam usus harus dijaga,”dr Ari Fahrial Syam, konsultan lambung dan pencernaan dari RS.MH.Thamrin, Jakarta.

Bedanya Probiotik, Prebiotik dan Sinbiotik ?

Ternyata jawabannya beda banget 🙂 secara singkat dapat dijelaskan sbb:

Probiotik : Bakteri yang baik

Prebiotik : Nutrisi/ makanan untuk Probiotik

Sinbiotik : kombinasi Probiotik dan Prebiotik sehingga dapat meningkatkan imunitas bagi kita

 

Bakteri Probiotik

Probiotik itu adalah nama lain untuk bakteri yang baik. Bakteri yang baik ini jumlahnya banyak banget bisa jutaan sampe miliaran didalam usus kita. Jangan khawatir dengan kelebihan bakteri baik, jika kebanyakan maka dia akan terbuang dalam kotoran kita. Salah satu misi mulianya adalah membuat antibiotik alami sebagai imun (daya tahan tubuh). Jenis bakteri yang termasuk Probiotik adalah Bifidobacterium dan Lactobacillus.

Prebiotik adalah nutrisi untuk Probiotik (Bakteri Baik), namun jangan khawatir ini hanya akan menjadi makanan untuk bakteri yang baik, yang jahat nda ikutan makan. Prebiotik secara alami terdapat pada biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Prebiotik merupakan kelompok oligosakarida seperti rafinosa, stakhios, agalakto-oligosakarida, frukto-oligosakarida, frukto-oligosakarida, inulin, serta beberapa jenis peptida dari protein yang tidak dapat dicerna, sehingga mencapai usus. Produk olahan kedelai seperti tempe, tahu, dan tauco, kaya akan prebiotik. Prebiotik juga dapat diperoleh dari akar tanaman Chichorium intybus, gandum utuh, bawang bombay, bawang putih,dan pisang.