Logo Perusahaan

Jiah.. ini mah namanya lama ajah ngga nulis.. sebenernya ini tuuuuh kejadian di tahun 2004.. Tuh liat ajah udah 12 tahun udah 1 putaran shio.. mumpung lah sebelum aku lupa sama sekali aku tetap menulis.. jadi neh yah.. aku neh kan lulusan S2 yah.. ciyeee sombong deh.. boleh yah.. nah sebelum lulus kan kudu kuliah dulu.. gini ini penting yah dibahas? nda she.. tapi biarinlah yah.. jadi ada pelajaran tentang corporate branding, nah jadi agak kampungan ajah aku.. pas membahas tentang logo ini, FEDEX.

Kalian tau nda apa yang menarik pada logo FedEx? jujur ajah.. klo nda tau juga nda papa kok.. beneran suer pake angka dua πŸ™‚ karena demikian aku waktu itu.. setelah dikasih clue sana sini baru nyadar juga.. apakah kalian bias menemukan lambang tanda panah? yuuup.. disana.. dimana yoo.. hahaha.. jadi maknanya adalah sebagai perusahaan logistic mereka memiliki maknaΒ forward to others.

Carrefour logoNah..Β  hal yang sama dengan logonya ini.. Paham nda seh logo supermarket ini.. ada tanda panah? PR yah.. aku sempat nda paham juga sampe akhirnya sadar… ooow ini tuh logonya huruf C berwarna putih. Sejak itu aku paham bentuknya. Berhubung masih banyak ajah yang nggak paham, aku selalu merasa senang, riang dan gembira, setiap kali aku nanya logo ini terus orang gak paham. senang berasa2 agak pinteran dikit.. yaaaaa jadilah walaupun cuman dikit doing. tapi AGAIN yah.. ini kan tulisan harusnya 12 tahun lalu jadi klo sebulan sekali saja aku kasih tau orang, artinya sudah ada 12×12 = 144 orang yang aku update. Demikian saja cerita tidak penting dariku.. mohon pamit

Team Work – learn from Football

Masih seputar TAM+ 2015. Jujur.. Aku ini bukan penggemar sepak bola.. Mana pernah juga aku paham dengan nama club sepak bola dan pemain2nya.. Berhubung kmrn ke Spain, periode berangkat dipertengahan Maret 2015, Herdiyanto Herman, adikku yang seayah dan seibu mengatakan.. Wow.. Itu pertandingan Real Madrid dan Barca.. Laga paling HOT sedunia..  

  
Huaaah senang kesampean mampir distadion Madrid dan Barcelona. Bicara sepak bola.. Aku jadi ingat dengan teman baik, teman talking2, teman makan dan rekan kerja yang cantik, manis dan hebat, Evy Yulianti.

Pernah ada waktu kita makan bareng.. Dimana yah cc.. Aku nda ingetpun.. Yang diinget ceritanya… Makannya enaak.. Ketawa2.. Yaaaah, kalian mengerti kan rasanya menghabiskan quality time, girls time.. (Waaatttt… Girls, umur berape Bu? Hahaha😄). Okeh2 yang mau dibahas tentang team work dan sepak bola.

Demikian beberapa pelajaran yang didapat dari permainan sepak bola :

  1. Hidup ini adalah kompetisi. Biasa kalau dalam bekerja atau apapun terjadi persaingan. Kita semua harus terus berlatih dan memperbaiki diri agar selalu menjadi lebih baik. Harus berjuang, jangan cengeng.. Ini bisa dianalogikan seperti rusa dan harimau.. Pernah denger ceritanya? Alkisah didalam hutan hiduplah Rusa dan Harimau.. Mereka selalu berlatih berlari secepat2nya. Usut punya usut, Rusa berpikir dia harus terus bisa lincah berlari jangan sampai tertangkap Harimau dan menjadi santapannya. Puuun Harimau punya tekad yang bulat karena sudah beberapa hari nggak makan, dia harus memastikan bisa menangkap Rusa. Yaaaaa kira2 gt lah yah ceritanya.. Silahkan atur sendiri mau endingnya bagaimana πŸ˜‰
  2. Kita tidak hidup atau bekerja sendirian. Kalau kita lihat orang main sepak bola, itu lapangan yang pake gede diisi oleh banyak pemain. Ada yang jaga kiper, ada penyerang, ada yang jaga belakang.. Nah demikian lah dalam hidup, kita semua punya peranan.. Semua peranan penting, tidak ada satu yang lebih unggul dari yang lain. Sebagai team kita punya tujuan yang sama.. Menang!! Kebayang nggak kalau kiper pengen ikut2an menyerang dan ingin cetak gol? Lantas siapa yang jaga gawang? Bahkan kita harus berbesar hati ketika kita memegang bola namun harus oper ke teman karena posisi ybs memiliki kesempatan lebih besar untuk mencetak gol.. melihat situasi ini.. Kita harus ingat bahwa gol itu milik bersama.
  3. Kita harus berkontribusi terbaik. Lanjut pada poin no2 tadi, pastikan kita tidak menjadi point lemah dalam team. Jangan sampai ketika semua berjuang sekuat tenaga, kelemahan kita menjadi sasaran empuk lawan.
  4. Pergantian pemain dilakukan, jadi dalam permainan tertentu dimungkinkan terjadinya pergantian pemain. Bukan karena tidak baik, bisa saja karena cidera. Hal ini dilakukan bukan untuk merendahkan kemampuan orang, namun strategi untuk memastikan kita bisa meraih kemenangan team.
  5. Selain mempelajari kemampuan team, juga mengenal kemampuan lawan. Ini persis banget ama teori Sun Zhu. Dalam hal pekerjaan, apalagi selling product, pentiiing banget kita mengetahui feature product kita dan kompetitor. Sehingga kita bisa memberikan solusi tepat guna bagi pelanggan..

Abis itu apa lagi yaaah.. Huaa udah kelamaan cc.. Kayaknya perlu ketemuan lagi buat lanjutin nulisnya.. πŸ˜‰

Maria

Tahun ini mendapatkan rezeki dari Metrodata ikutan Top Achiever Metrodata+ dengan destinasi ke Lisbon, Madrid dan Barcelona.

Salah satu yang menarik dalam perjalanan kali ini adalah aku mendapatkan kesempatan mengunjungi 2 negara dengan populasi pemeluk agama Katolik Roma terbesar didunia. Bahkan dulu, mereka adalah negara yang sangat besar dan berpengaruh terhadap kekuasaan yang dipegang oleh Paus.

Ketika tiba di Lisbon tour guide menceritakan beberapa keunikan kehidupan malam disini. Salah satunya adalah mengenai PSK. Salah satu syarat utama adalah tidak boleh bernama Maria karena menghormati ibu Yesus.. Yah penting gak penting lah yah… Berbagi cerita agar kalian paham πŸ™‚

Dah gitu dulu.. Detail ini itunya ntar yaaaah..

Between B and D is C

Ada yang pernah memberi tahu kepadaku mengenai kata mutiara seperti ini..

Between Born (B) and Death (D) is Choice (C). Life is a matter of choice, please be wise.

Naaaaah.. Aku pun ingat kepada papaku, dia pernah bercerita tentang hal ini.. Kata papa.. Dalam kehidupan ini kita harus selalu memilih.. Kadang pilihan kita benar, kadang pilihan kita salah.. Its OK salah, yang penting belajar.

Kata papa… Dalam kehidupan ini hanya ada 3 hal yang tidak pernah bisa kita pilih.. Ini adalah pilihan Tuhan.. Abadi dan tidak mengenal kata bekas.. Mantan.. Jadi pasti ini adalah versi terbaik yang Tuhan berikan kepada kita, yaitu keluarga…

  1. Ayah dan Ibu
  2. Kakak dan Adik
  3. Anak 

Termasuk juga kakek, nenek, cucu, cicit… selamanya ikatan batin dan darah itu selalu ada pada kita.. 

Ketika hidup menawarkan pilihan.. Pastikan kita memilih terbaik untuk ketiga orang tsb.
Selamat pagi yah temen2.. Mari luangkan waktu untuk say Hi or I love you to them..

*dalam 1 minggu ini ada 3 temen mendapatkan berita dukacita.. 2 kehilangan papa, 1 mama* 

Membuat aku merenung.. Hidup ini cepat sekali.. Tidak ada yang kekal abadi.. Semuanya milik Tuhan.. Tuhan yang memberi, Tuhan yang mengambil.. Terpujilah nama Tuhan.

IMG_0174.JPG

Nah…. Ini gambar memang udah diposting lamaaaaaaaaaa bangeeet.. Sangking kelamanya sampe lupa mau nulis.

Yup… Ini adalah final Badminton World Federation pada tanggal 5-11 Agustus 2013 di Guangzhou, China.

Kalian tau kan… Aku ini bukan orang yang betah deg2an… Jantungan.. Secara nggak perlu begituan ajah denyut jantung aku secara konsisten diatas 110 pulse dalam 3 tahun terakhir *curcol dikit*.

Aku udah tau.. Hasil pertandingan final ganda campuran, Xu Chen dan Ma Jin (China) VS Tontowi Ahmad dan Lilyana Natsir (Indonesia). Karena aku nontonnya tanggal 20an sekian Agustus 2013.

Jadi waktu itu aku menonton siaran ulang di MNC dan kebetulan dalam siaran ulang ini mereka mengundang Tontowi Ahmad dan Lilyana Natsir menjadi komentator. Ya ampuuuun, nonton mereka maen ituuuuh benar2 mengacu adrenalin (bahasa aku pun gaya bener πŸ™‚ ) bagaimana nggak pertandingan seru banget, angkanya beda tipis.. Walaupun udah tau mereka menang masih deg2an gimana klo nda lolos.. Hahaha..

Berikut rekap pertandingan mereka:

image
Round 1 - 2 - 3

Kemenangan pasangan ini diraih dengan perjuangan yang dramatis. Yang paling menarik yang ingin aku ceritakan adalah ketika set ketiga.. Waaah kalian harus nonton sendiri deh.. Waktu itu China sudah mencapai skor 20 dan Indonesia 18. China sudah merasa diatas angin… itu terlihat sekali pada ekspresi muka mereka.. tersenyum. Saat ituuuuh bagaimana aku? Aku paniiik.. Dirumah.. Hayyoooo.. Kalian bisaaa!! (Stupid juga.. Yaaa bisalah.. Kan udah tau klo menang πŸ™‚ ) Tau kah kalian apa yang terjadi ketika bola kembali direbut oleh Indonesia? Lilyana menghampiri Tontowi dan mereka berbisik.. saling menatap dan mengangguk. Karena nda kedengeran.. Langsunglah ditanya ke Lily yg ada distudio.. Komentator bertanya.. ‘Apa yang Lily sampaikan? Kenapa terlihat serius sekali?’ Lalu Lily menjawab.. Saya mengatakan kepada Tontowi.. ‘Pertandingan belum selesai, kita belum kalah, mari kita selesaikan dengan baik’

Wow.. Bagiku itu strong word banget.. Langsung merinding.. Huaaaaaah.. Itu loh mereka.. Itu loh yang dinamakan mental juara.. Dalam keadaan tertekan, main dinegeri lawan.. Lawan bermain dikandang.. Hampir seluruh gedung adalah supporter China.. Wow.. Motivasi dari diri sendiri.. Percaya diri.. Kepercayaan team sangat menguatkan mental dan membesarkan hati..

Setelah bisikan yang maha dahsyat kuasanya itu… Kalian tau lah kenyataannya Indonesia mengejar 18-20, 19-20, 20-20 terus menahan gempuran naik 21-20 dan 22-20. Tidak ada ruang kesalahan, kelalaian!

Ini mental juara anak bangsa yang dilakukan dengan sungguh2 untuk memastikan Indonesia Raya dikumandangan di Guangzhou. Ini hadiah ulang tahun mereka untuk Indonesia pada 17.08.2013

Good Job!
Thank you for the learning process that I learn from both of you!

Hiduplah Indonesia Raya….

Kado murah.. meriah.. senang..

Ini postingan yang seharusnya dilakukan beberapa tahun lalu.. Namun apa daya.. Saya ini banyak niatnya kurang realisasinya.. 5 Maret adalah hari ulang tahun keponakanku tercinta.. Yang kukasihi seperti anakku.. πŸ™‚ Vallerie.. Pada tahun 2013 aku pernah nanya ama dia.. Ntar kalo ulang tahun minta dibeliin kado apaa.. Biar gampang yaaaah.. Daripada aku beli terus salah.. Sudah lama mikir susah.. Salah pula.. Kan lebih enak langsung nanya dan tepat sasaran.. Sebenernya aku udah mempersiapkan hati untuk menerima jawaban seperti tas.. Sepatu.. Baju.. Boneka.. Kotak pensil..

Namun.. Tau kah kalian.. Apa jawabannya.. ‘Es Pletek ajah Ku’ biar bisa bagi ama cece, papa dan mama.. Nie nie ama opa juga bisa makan. Enaaaak!

Wow… Jawaban yang nda masuk dalam radar aku.. Karena menurut aku.. Kado itu harus sesuatu yang bagus, kalo bisa mahal.. Mumpung dibayarin.. Nungguin setahun sekali..

Aku hanya tersenyum dan gemeez ama keponakanku.. Yaaaah, hidup itu sederhana.. Bahagia itu nda harus mahal2.. Bahagia itu sesuatu yang sederhana yang bisa dibagi dan dinikmati bersama orang2 yang kita kasihi. Waktu itu usianya 4 tahun.. Apa karena masih kecil yaaah, belum paham konsep pemalakan.. Ccnya Olivia nda mau kalah.. Dia bilang.. Kuku klo Olive nanti dibeliin Biskuit Jacobs yang sayuran yah…

Tinggal aku yang komentar dalam hati… Kalian ini nggak keren.. Ditanya mau kado apa.. Udah mau dibeliin.. Boleh minta yang mahalan.. Mintanya kok gt yaaaah.. Total beli 2 ajah kagak nyampe no ban go.. 25rb.. Hhmm.. Bisa jadi aku yang nggak keren karena terlalu sering melihat segala sesuatu dengan angka.. Yang mahal yang bagus.. Terima kasih yah keponakan sayang.. Udah mengingatkan kuku mengenai hal dasar seperti ini..

05.03.2015 – Valerie bday 6 tahun
Tema : Frozen
Pas dia bday aku telp.. Say hepi bday dan nanya.. Sesuai tema kuku beliin eyi kado es batu yaaaaah.. Dijawab.. Aaaii Kuku ini ada2 ajah.. Terima kasih yah Kuku.. Nda usah kasih es batu.. Disini sudah ada es krim.. Hahaha πŸ™‚

Yuuuuk hidup tulus kayak anak2, mikir simple nda ribet.. Tertawa, riang, gembira.. Hidup tidak ada price label tag.. Bahagia tidak mahal..

image

Es Pletek versi Vallerie, aneka rasa

image

Biskuit Jacobs Sayuran, request Olivia

Pengalaman pertama begitu menggoda…

Aku ingat betul, 12 tahun yang lalu. Yah, June 2002..
Aku adalah anak yang baru saja lulus kuliah, baru pertama kali bekerja.
Aku bekerja menjadi Customer Care di Metrodata.
Aku masih lugu, masih belum banyak teman, masih harus banyak belajar.
Aku duduk diruangan Call Center, di Annex 1 Lantai 2.
Aku berkenalan dengan rekan kerjaku pada department yang sama, diruangan kaca, mengitari meja bundar.

Diruangan sebelah ada team product IBM.
Managernya, seorang wanita yang muda, cantik dan ceria.
Berpakaian rapi dan hiasan terindah adalah senyum manisnya.
” Hai… Saya Priska”
” Saya Tiek, saya anak baru. Saya panggilnya ci Priska yah..”
” Iya, boleh.. Tiek, Selamat bergabung di Metrodata”
Dia ramah, tidak sombong..
Anak baru.. disambut juga dengan hangat.
Gak lama setelah itu aku diperkenalkan dengan teamnya, Ko Anwar, Florence dan Sammy.

Setelah itu…
Sammy mendapat tugas untuk mengajak aku berkenalan keliling Annex 1 Lantai 2. Paham banget kan kikuk jadi anak baru, gak kenal ama siapa2..

Inisiatif ci Priska assigned Sammy,
mungkin kelihatan sederhana..
namun tidak bagiku..
dan bagi orang lain ini perkenalan biasa..
namun tidak bagiku..

Bagiku ini sangat berarti..
aku ingat betul..
perasaan diterima, disambut dengan penuh kehangatan..
this is nice..

Hatiku senang merasa diperhatikan.

Sejak hari itu, aku bertekad, setiap kali aku bertemu dengan anak baru..
Aku akan menularkan positive experience ini..

Masih dilantai yang sama namun diruangan yang berbeda..
Aku diajak Sammy berkenalan dengan team hardware support,
Wow… disini isinya Bapak-bapak semua..
Semua ramah, semua baik..
Setelah itu kembali bekerja..
Ketika jam makan siang tiba, aku keluar ruangan untuk makan siang..
Pas mau turun tangga, ketemu Bapak2 tadi..
Mereka menyapaku…
“Eh, Tiek, yuk ikutan makan siang sama-sama kita.” ~ Demikian tawarannya
Aku tentu senang, dan tidak menolaknya.

November 2002

Ci Priska ngajakin aku join di Panitia Natal Metrodata Group.
Jadi koor untuk menyanyikan lagu Natal dan Panitia sebagai Penerima Tamu. Aaaaaah, aku seneng banget..

Disinilah awal pertama kali aku berkenalan dengan banyak temen Metrodata lainnya.. Temen dari.. MII, MEB, MBA, MEI, ME, dan beberapa anak perusahaan lainnya.. wow.. Metrodata banyak yah orangnya…

Terima kasih banyak Ci Priska untuk kesempatannya dan terpenting ingat diriku ^^

Yaaaah, masih sekitaran November 2002

Ada waktu dimana aku mendapat tugas tambahan membantu Pak Kristanto Johari diConoco. Dalam perjalanan dimobil kami ngobrol… salah satunya adalah aku membahas ci Priska.

“Pak, nanti datang yah pas acara Natal.
Aku jadi panitia loh..
Aku diajakin ama ci Priska.. lalu..
Aku bilang begini..
Ci Priska itu cantik, baik, perhatian lagi..
waktu kemarin aku liat ada pajangan lucu dimeja Ibu Susan.. Itu Clay.. ternyata yang buat ci Priska loh Pak..
keren banget yah dia.. rajin banget buat satu2 gitu,
tau nggak Pak, pas dia tau aku pengen belajar,
aku dikasih cd tutorialnya Pak..
keren banget yah Pak.. Baik banget Pak..

Beruntung banget deh suaminya ci Priska itu”
Pak Kris, hanya menyimak pembicaraanku dan tersenyum.
*bayangkan senyuman pak Kris, paham kan maksudku.. senyum khasnya Pak Kris*

Ternyataaaaaaaaaa yah, telat banget deh..
Seminggu setelah ngobrol dimobil ama Pak Kristanto…
Pas ngobrol ama Bunda Titin, aku baru tau… tepatnya, baru dikasih tau kalo ternyata.. Ci Priska itu istrinya Pak Kris. 😲

Oh my God.. Pak Kris, kenapa pas dimobil nggak langsung ngaku saja..

*langsung inget.. waduh, aku tersipu malu*☺️

Yah, itulah cerita tentang pengalaman pertama aku berkenalan dengan Ci Priska dan beberapa cerita kecil yang mungkin dia belum tau..

Sadar tidak sadar, dia menjadi mentor bagiku..
Salah satu role model dalam perjalanan karirku kedepan..

Terima kasih banyak yah Ci Priska untuk segalanya..

Ini beberapa hal yang menjadi pelajaran bagiku dan aku terapkan hingga kini :
β€’ Jangan ragu untuk menyapa anak baru lebih dulu
β€’ Setelah itu aku akan menyapa mereka dengan semangattt!
“Selamat bergabung di Metrodata = artinya Welcome to Metrodata, now you are part of this family”
β€’ Kedepannya aku mau jadi relawan muter2 kenalin anak baru
β€’ Jangan lupa ngajakin anak baru makan, mungkin dia bingung mau nyari makan dimana.. (tp sejak pindah cp, seharusnya dah nggak binggung2 amat)
β€’ Melibatkan anak baru dalam kegiatan kebersamaan, seperti Panitia Natal, KOM, dll
β€’ Jangan ragu untuk memberikan perhatian yang tulus dan personal.. Ci, you really know how to make someone feel so special.. thank you.