Namanya MDS

2 Bulan kurang 1 Minggu lamanya mama rawat inap di RS Kanker Dharmais, RSKD.. beberapa dari rekan2 mau bertanya tapi sungkan, aku coba bercerita yah..

Mama sakit MDS, Myelodysplastic Syndrome, singkatnya kelainan darah, anemia dimana indikator darah seperti Eritrosit, Haemoglobin, Leukosit, Trombosit menurun dari batas normal. Diagnosa ini didapat hasil BMP (Bone Marrow Puncture), pengambilan sumsum tulang belakang 1.5 tahun lalu di Singapore.

Keluarga bertanya.. Apa penyebab MDS.. Jawabannya sampai sekarang belum diketahui, umumnya memang pada usia lebih dari 50 tahun, perokok pasif (dirumah kami tidak ada seorangpun yang merokok), sering mencium bau bensin (pun.. Nda juga deket2 ama bensin). Dikatakan agar seluruh pihak keluarga bersabar. Pengobatan yang dilakukan bersifat supportif, artinya memastikan agar kondisi tidak menjadi lebih buruk. Namun dokter tidak bisa menjamin bisa sembuh.

Ini yg kemarin aku sempet nanya.. Sebenernya dimana seh dokter hematology yang bagus dan berpengalaman dengan pasien MDS. Kala itu situasi panik. Mama posisi sangat lemah masih rawat inap di RS AR Bunda Lubuk Linggau. Pengobatan jalan ditempat. Tidak ada perkembangan. Saat itu hanya tau informasi di RSKD, ada dokter darah, butuh segera evakuasi dari Lubuk Linggau via udara. SEGERA! Sehingga kita carter ambulance langsung dari Bandara Soekarno Hatta ke Dharmais.

Kemarin kondisi mama tidak stabil sehingga dokter memutuskan ingin mengulang proses BMP. Mengapa BMP? Mengapa harus dari sumsum tulang belakang? Karena kita perlu menguji ulang darah dari pusat produksinya, bukan dari darah tepi (seperti ambil darah dari tangan yg biasa kita lakukan). Analoginya adalah jika ingin melihat kualitas air, kita bisa melihat dari dua sampel. Dipusat mata airnya (sumsum) atau dikeran air (darah tepi)

Tooth Fairyย 

Aku lagi liburan dirumah… Tadi malem pas selesai makan malem tiba2 Valerie nangis ke mamanya… Mama.. Gigi eyi lepas.. Namun reaksi semua orang serumah salah kayaknya.. Aku panik.. Namun yang lain tertawa ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜… 

Aku pernah kok jadi anak kecil.. Ya iyaaaalah masak tiba2 menjadi besar.. memang nyebelin banget liat orang dewasa yang tak memahami perasaan anak2. Tapi reaksinya eyi lucu seh.. Belum selesai sampai sana.. Dia bilang gigi sebelahnya juga goyang.. Sambil menangis sedih.. Terus kata mamanya.. Ya udah sekalian ajah Val.. Biar sekalian dapat hadiah dari Tooth Fairynya.. Terus eyi tersenyum.. Iyo yo ma.. Bisa dapat uang. OMG, OHHH MY GOOD.. apa nggak sakit ya. Yang lebih canggih lagi apa nggak horror yah cabut gigi nda pake Dokter Gigi..

Koko, papanya Eyi.. Langsung melakukan koordinasi dengan cicinya.. Audrey and Olive hayoo ambil amplop tulis surat buat dede.. ‘Audrey nda punya uang pa.. Kita kasih Rp 4.000 yah..’ Aku bingung sambil menatap koko.. Terus koko cerita sebelumnya pernah juga gigi Eyi yang lepas ditaruh didekat bantal terus digantiin ama uang Rp 2.000. Namun pake uang mereka sendiri. ‘Ya udah, tulis ajah dulu nanti uangnya dari papa.. Dikasih Rp 10.000 karena giginya ada dua yang lepas’

  
Pas bangun tidur… Eyi seneng banget karena dapat uang dari tooth fairy.. Pecahan Rp 5.000 ada dua lembar. Namun yang lucu adalah ketika dia ngomong ke koko.. Papa, ini dapat uang 2 lembar.. Ini gambarnya Tuhanku Imam Bonjol.. Huahahaha ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‚ ternyata salah baca.. Ini Tuanku.. Tuan itu beca yah ama Tuhan.. Huaa… Anak2.. Kalian pada gubrak banget seh.. Demikian lah pengalaman pertama melihat anak2 yang tanggal giginya.

  

Tuhan Dalam Imaginasi Anak2

Kali ini Valerie pergi ke gereja. 5 tahun yah… Yah, wajar klo anak kecil banyak nanya, namun yg ini nanyanya kebanyakan! ๐Ÿ˜ Pas lagi misa, Valerie nanya ke papanya..

V : ‘Pa, digereja ini ada cctv nda?’
P : Papanya noleh kiri kanan, ‘Kayaknya nda ada yah..’
V : ‘Kalo cak itu, cak mano Tuhan Yesus pacak tau klo Eyi ke gereja..’ (Saya translate kan buaaat kalian yang nda paham bahasa Palembang.. ‘Kalau begitu bagaimana Tuhan Yesus bisa tau klo Eyi, Val call her name, ke gereja’. Kato papa walaupun papa nda ada disekolah, papa bisa liat eyi lewat cctv, pake internet, kalo dak biso muter lagi videonyooo.. Nah klo Tuhan Yesus cak mano pa..
P : Tuhan Yesus itu Maha Tahu, dia bisa tau segala hal dan dia ada dimana saja
Valerie menatap tak paham ke papanya, sepertinya masih nda bisa masuk dikonsepnya dia.. Dan tiba-tiba mati lampu.. Eh.. Mati listrik.. (Tau bedanya mati lampu ama mati listrik? Klo mati lampu belum tentu mati listrik, klo listrik mati, yaaa matilah lampunya… Okeh2 nda penting untuk dibahas ๐Ÿ˜)
V : Paaaa, mati lampu.. Waduh gelep Pa.. Tuhan Yesus dak pacak jinggok (nda bisa lihat) Eyi deh pa..
P : Ya ndalah.. Tuhan Yesus tetep bisa lihat… *wowkerenyah.. Bisa melihat dalam kegelapan*
V : Pa, Tuhan Yesus tuh punya hp nggak.. Punyo iPad dak? Kalo Eyi mau ngobrol cak mano caronyo
P : Tuhan Yesus nggak punya hp, jadi klo Eyi mau ngobrol, Eyi tinggal berdoa, bisa digereja, bisa dirumah, bisa dimana ajaaah
V : Ooooooo, iyo samo kayak eyi samo ciecie yo pa.. Yang punyo hp kan papa ama mama yaaa.. Klo cak itu, yang punyo hp Bunda Maria samo Santo Yusup yo.. Tuhan Yesus cuman boleh maenan iPad klo hari libur bae yeee
P : Nda gitu ๐Ÿ˜ฒ yaaa nda perlu pake hp lah, Tuhan Yesus ngomong langsung ke hati kita. Jadi harus lebih sering berdoa agar bisa merasakan kehadiran Tuhan dan bisa mendengarkan suaraNya.

#celotehkeponakan
Ajaib yah anak2, mereka bisa bertanya tentang apa saja..

IMG_0128.JPG

Awalnya kecil lalu besar….

Sebenarnya ini adalah hal kecil yang aku ketahui dari perjalanan aku dalam hidup ini… *jiahhh… Berat amat Bu bahasanya :). Demikian hal yang ingin disampaikan :

  • Untuk mencapai puncak gunung tertinggi Mount Everest langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan langkah pertama, keluar dari rumah… Yah.. Itu yang harus kau lakukan… Jadi, jika kau pikir untuk melakukan banyak hal besar sebenarnya yang perlu dilakukan hanya dari hal kecil2…
  • Keterlambatan project satu tahun diawali oleh keterlambatan satu hari.. Ini adalah hal yang sangat benar.. Pernah ada waktu aku lagi di taxi, dalam perjalanan bersama Mei, baca sebuah artikel… Bahwa sebenarnya setiap manusia dilahirkan kreatif dan genius, namun tidak semua manusia disiplin… Yah, that’s true..
  • Kapal yang segede gaban, sariban ituh….. Tau kah kalian, bahwa kendalinya adalah sebuah trim! Yah.. Sebilah kendali kecil yang mengatur kapal untuk bergerak ke kanan dan kecil… Adalah penting untuk kita ketahui apa yang menjadi titik kecil dalam hidup kita, apa yang bisa kita kuasai untuk mengendalikan seluruh kehidupan kita. Contohnya, bagaimana caranya berkomunikasidengan baik… Dengan gaya tubuh dan tata bahasa, atau kebiasaan lainya, seperti datang tepat waktu, tidak menunda pekerjaandan hal lainnya…

Temukan hal kecil dalam hidupmu, perbaiki hidupmu, agar kehidupan besar terjadi dalam hidupmu. Tetap semangatttt….

 

Killing me softly…

tahan napas..

Bau adalah zat kimia yang tercampur di udara, umumnya dengan konsentrasi yang sangat rendah, yang manusia terima dengan indera penciuman

Hm…. yayayah… aku tau kalo aku bersyukur kepada Tuhan Allahku bilamana aku terlahir sempurna dengan panca indra yang lengkap… Yah Tuhan, terima kasih yah.. jangan dikasih yang ke-6.. anakMu ini penakut.. namun… hmmm, akhir-akhir ini aku sering banget senewen dengan indra penciumanku.. bukan juga karena aku flu, atau sakit idung dan yang lainnya (iyeee… aku suka complain!) namun ini idung gak tau kenape tampaknya level sensitifitasnya tinggi sekali.. maksudnya adalah aku bisa sangat terganggu dengan aroma2 tak jelas yang ada disekitarku.. yang paling utama, aku sangat terganggu dengan bau badan… bau rokok.. bau lainnya yang nda nyaman diidung.. eh, itu problem semua orang yah.. nda cuman aku doang yah ๐Ÿ™‚ namun inilah yang dinamakan Killing me softly.. jangan dekatkan aku dengan bau2an tak jelas ini…

Sebagai bosnya Managed Services, aku menangkap beberapa complain dari customer sehubungan dengan bau-membau.. jadi buat kalian yang membaca, pastikan agar hal ini kedepannya menganggu karir kalian yah..

1. Bau mulut ~ oh my God! mas, kamu senyum ajah yah… jangan ngomong sama aku.. kalo mau ngomong, jauh-jaun 1 meter pergi dariku.. yah.. berdiri sajah disana.. tak usah mendekat padaku.. sebenarnya ada beberapa penyebab mulut bau, bisa jadi karena kurang minum, (biasanya yg puasa mengalami hal ini karena nda boleh sering-sering sikat gigi), makan-makanan yang mengandung dan mengundang aroma spesifik seperti jengkol dan pete.. (tips dari aku untuk segera menghilangkan bau2an itu adalah dengan makan duren… teneng… baunya ganti.. kini jadi bau duren ~ nda penting!), dan atau cobalah periksa gigimu ke dokter gigi, (ya iya lah masak ke dokter bedah). Drg dengan alat2nya yg menyeramkan itu bisa membantu kita membersihkan karang digigimu.. (percayalah karang yang bagus adalah terumbu karang, tempatnya dilaut, bukan digigi) atau bisa juga disebabkan karena ada lubang.. jadi yang rajin yah periksa gigi ke dokter, minimal 6 bulan sekali.. kalau saya, 2 minggu sekali.. rajin yah.. (*lg curhat, kawat gigi gak lepas2 dah 3 tahun).

2. Bau badan, udah sering kan nonton TV dan iklan2 yang maha dahsyat tipu2nya… Makanya, pastiin deh jangan bau, biar malaikat mau jatuh dari langit untuk mendekat padamu.. hm.. Pernah ada VP (Vice President, bagi yg gak ngerti) di salah satu perusahaan asuransi terbesar di ASEAN, complain… “tolong dong besok-besok jangan ama dia lagi, badannya bau..” katanya teman baik pas kecil dulu, ada banyak penyebab bau2an ini.. bisa jadi karena berpeluh keringat mengejar bus atau berjuang dengan sepeda motor menembus keramaian ibu kota.. sehingga pas nyampe kantor, keringat sudah membanjiri tubuh. (bos, baca boss… kasihan anak buah neh… situ enak punya mobil) tapi kadang ada juga loh yang memang bau ajah.. yg paling jijay ama salah satu temen bisa ngomong gini.. ini bau lelaki.. weksss!! salah satu tips yg bisa digunakan adalah dengan bawa kemeja baru.. tolonglah, datang ke kantor itu membawa kedamaian, jangan buat orang lain risau dengan baumu..ย  atau bisa juga pake sabun tawas.. (bener kah??)

3. Bau Rokok.. ye, lu gileee.. lu yg ngerokok nape gue yg dapet racunnya.. sebel bgt ama orang yg suka ngerokok.. bau ah.. ingat yah.. tidak baik buat kesehatan jantung, dapat menyebabkan impotensi, gangguan kehamilan dan janin.. Heran pake suer ama perokok, dah ngabisin duit buat beli rokok, dapat feature penyakit, banyak yang candu lagi.. Bertobatlah nak.. sebelum paru-parumu bolong-bolong kayak sponge.

4. Rambut… Keramas dong mas… kenapa seh, males yah kalo cuci rambut? kenapa krisis yah, shampo mahal.. dibotakin ajah napa.. paling gak suka liat orang dengan rambut lepek dengan kandungan minyak goreng berapa gram gt.. saya juga takut sekali bilamana ada yang loncat2 dari rambut.. iihhh.. kutuan! abis itu banyak putih2, ketombean… jorok…

5. Kaki.. hmm, pernah tau kan maksud aku bau kaki.. iyah, itu bau yg timbul mana kala ada orang buka kaos kaki.. baunya mampus kan.. belum lagi ditambah model bolong2nya.. tolonglah.. tolong cuci kaos kakimu itu setiap hari.. gak ada istilah kaos kaki dipakai untuk keesokan harinya.. jika kau tak ingin semua jamur dan sarang penyakit itu berpesta pora didalam kaos kaki dengan kelembaban yang mereka sukai dan siap menghancurkan kakimu.. pernah tau manusia pohon yang kakinya kayak pohon.. iyah, yg di tipi, yang orang Bandung.. ngeri? takut? amit2? nah.. itu die tuh, kalo males bersih2 kaki, sekalinya luka, kuman masuk, jadi deh tuh kutil dan teman2nya itu… ini serius, gak nakut2in.. lu pikir pilem horror ape.. nakut2in..

6. Baju.. apek! tau kan baju yang belum kering dijemuran terus dipake yang lembab dan bau tak jelas.. yakinlah.. ini buat orang ngedrop.. baju tuh kudu wangi, makanya liat dong iklan Molto, So Klin dan merk lainnya.. klo baju wangi bisa ada banyak bunga2nya.. sapa tau nanti ada bunga desa mau mendatangimu..

yah itulah beberapa bau2an yang cukup menganggu, ada lagi seh, tapi agak susah ngaturnya.. bau kentut.. katanya seh ini tergantung pola makan dan juga rutinitas BAB..

udah aaaaah.. aku jadi tiba2 bisa mencium bau2 yg nda sedap ituh.. aku mau tidur sajah.. pakai handbody sebelum tidur.. agar wangi dan mimpi indah..

 

 

Polandia Berduka

Barusan dengerin berita di MetroTv mengenai kecelakaan yang menimpa Presiden Polandia dan isteri.. tidak hanya mereka namun jajaran petinggi politik, sipil dan militer. Tujuan kedatangan ke Russia adalah untuk mengenang peristiwa pembantaianย  22.000 warga Polandia di Hutan Kathyn.

Ada beberapa hal yang menarik dari kejadian ini…

1. Ternyata bukan cuman perusahaan yang butuh DRP (Disaster Recovery Plan), namun demikian juga dengan pemerintahan.. Walaupun kejadian ini bener2 extrem, semua pejabat negara bisa berada dalam satu pesawat dan jatuh pula..

2. Jika ada perjalanan dinas untuk ke suatu tujuan sebaiknya tidak menggunakan 1 pesawat. Hal ini sebenarnya aku ketahui waktu keberangkatan TAM (Top Achiever Metrodata) tahun 2007.. Sempet bingung, kenapa kita pesawatnya dipisah, ada yang naek SQ (Singapore Airlines) ada juga yang naek GA (Garuda Indonesia). Katanya neh… katanya… yah itu dia, kalo misalnya ada apa2 minimal tidak semuanya habis.. masuk akal seh..

Pada akhirnya… kehidupan kita adalah misteri ilahi… Jika Tuhan berkehendak memanggil kita, kita nda pernah bisa nawar mengenai waktu dan caranya.. Hiduplah yang baik, yang bijaksana..

Polandia Berduka

I am coming ….

Setelah segini lamanya pegen nulis…. Akhirnya, hari ini aku membulatkan hati untuk membuat blog disini… Sebelumnya aku pernah punya link di tiek.blogspot.com

Akan ada banyak cerita yang terjadi masa lalu dan baru sempet ajah dibuat kemari… Dasar pemikiranku adalah begini … hidup ini terjadi hanya satu kali… Terlalu sayang untuk tidak disimpan, baik itu hal baru yang kita ketahui.. baik itu hal yang baik, baik itu hal yang buruk… baik itu kegagalan, baik itu kesuksesan.. semua yang terjadi baik untuk dipelajari, disyukuri dan diambil hikmahnya..